hashtag
HASHTAG / Image: educolor.org

Pertama kali dipopulerkan oleh twitter, lalu ditiru oleh facebook, instagram, dan social media lainnya, termasuk oleh telegram. Sekarang hashtag sudah menjadi fasilitas standard di berbagai social media dan chat

Apa guna hashtag?

1) Hashtag itu fungsinya seperti “search tanpa masuk ke search box”, artinya kalau kita klik sebuah hashtag, secara otomatis social media atau chat akan melakukan “pencarian” dan menampilkan semua post yang mengandung hashtag yang sama di dalamnya.

2) Hashtag digunakan utk mengelompokkan konten-konten sejenis, misalnya disini digunakan utk mengelompokkan seminar yang berada dalam satu kota. Misalnya
#jakarta
#bandung
#surabaya
#balikpapan dll

3) Cara penggunaan hashtag adalah sekedar mengklik hashtag bersangkutan, seperti yang sudah saya utarakan di point nomor 1.
contoh: klik #jakarta
maka semua seminar di jakarta akan muncul.
Untuk “absensi” maka semua yg berasal dari jakarta akan muncul

4) Hashtag tidak pernah dipisah atau ada spasi. Jika ingin membedakan antara elemen2x hashtag, maka gunakan huruf besar.
Contoh yang benar:
#Jakarta
#JakartaTimur

Contoh yang salah:
# Jakarta
# Jakarta Timur
#Jakarta Timur

Dalam semua sharing saya, saya selalu menekankan RELEVANSI, artinya sebuah seminar/workshop di bandung mungkin tidak relevan dengan orang di Jakarta, apalagi surabaya yang lokasinya jauh, kecuali orang bersangkutan emang niat akan datang ke kota bandung, misalnya karena emang orang tua/temannya tinggal dibandung, atau sekalian ada urusan di kota bandung, atau bahkan sekedar ikutan seminar/workshop lalu berlibur di bandung.

Bagi yg “absensi” mencari teman 1 kota, maka semua yg satu kota dari #jakarta atau #Bandung akan muncul