Perbedaab telegram dan whatsapp

Selama ini kita sangat menikmati layanan pesan online seperti WA (WhatsApp), KakaoTalk, Line, BBM dan lainya. Namun menurut pengamatanku, WA ada di posisi teratas dari semua layanan tersebut.

Banyak orang yang berpindah dari BBm atau yahoo messenger ke WA. Karena WA tidak memerlukan alamat email untuk mengaktifkannya. Registrasinya pun sangat mudah. Hanya dengan memasukkan nomer handphone , kita sudah dapat menikmati fasilitas gratisnya. Tidak ada iklan , cepat, responsive dan memiliki fitur fitur yang menarik. Emoticon yang tidak terlalu kecil seperti BBM juga tidak terlalu besar seperti LIne dan KakaoTalk membuat orang beramai ramai hijrah ke WA. WA mencapai puncak kejayaaannya.

Beberapa messenger berupaya dengan sangat keras untuk menyaingi WA, namun WA tetap saja memimpin. Namun akhir akhir ini telah muncul sebuah aplikasi yang benar benar baru di terbitkan dan sedikit demi sedikit mulai mendapat perhatian publik. Telegram. Namanya tidak asing. Ia hadir dengan percaya diri menantang WA yang selamaini tak terkalahkan. Pemain baru ini sungguh berani menantang WA dengan memberikan layanan yang menurut saya cukup perlu diperhitungkan.

Sebenarnya secara keseluruhan sama saja dengan WA, cara registrasi yang hanya cukup memasukkan no HP, kemudian memasukkan kode yang telah dikirim via SMS ke nomer kita. Dan layanan telegram telah siap dipakai. Tapi tunggu dulu, mari kita simak kelebihan yang Telegram tawarkan.

Setelah kita instal di andorid atau apple (windows phone belum tersedia secara resmi), maka kita bisa mengirimkan pesan instan, gambar, video ke nomer kontak di Handphone sebagaimana WA dan messenger lainnya. kamu juga bisa membuat Grup dengan jumlah anggota mencapai 200 kontak. jelas ini adalah keunggulan Telegram atas WA.

Telegram dikembangkan oleh Pavel dan Nikolai Durov, mereka adalah yang menciptakan VKontakte, sebuah social network terbesar di Eropa. Pavel menangani masalah finansial, sementara Nikolai menangai masalah teknis pengembangan. perpaduan yang sangat kuat untuk menyaingi WA.

Ada lagi yang membuat Telegram boleh berbangga, soalnya kita difasiltasi untuk upload gambar atau video sampai 1 GB. Bandingkan dengan WA, upload file sebesar 1 Gb dipastikan tak akan berdaya.

Lagi, kelebihan Telegram adalah data akan tersimpan di cloud, sehingga tidak menguras kapasitas memory kamu yang terbatas. Sementara WA makan space penyimpanan yang cukup besar tergantung pada penggunaan aplikasi WA.

Satu lagi yang membuat Telegram menjadi menarik adalah adanya aplikasi untuk Dekstop. Selain tersedia untuk gadget android, iphone, Telegram juga menyediakan versi dekstop atau PC. Hal ini tentu saja adalah kelebihan yang tidak kita jumpai pada WA. Kita tidak hanya menggunakan smartphone tapi kita juga sering menggunakan PC atau laptop. Dan Telegram memberikan solusinya.

Namun ada satu hal yang tidak dimiliki Telegram tapi ada di WA, yaitu fitur kirim suara. Ya sepertinya hanya fitur ini saja yang tidak ada di Telegram.

Mau install telegtam ? klik disini

Advertisements